Senin, 30 Januari 2012

PKS Perlu Tokoh Berdaya Magnet Kuat

PKS Perlu Tokoh Berdaya Magnet KuatJAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah partai Islam yang sering diidentiikkan dengan basis kader muda, terpelajar, profesional, dan perkotaan. Bahkan disebutkan, partai yang dulu bernama Partai Keadilan (PK) ini mempunyai aset kader bersarjana paling banyak dibanding partai lain.

Namun sayangnya, saat ini PKS dinilai 'kehilangan' tokoh yang menjadi panutan publik. Pakar Komunikasi Politik Effendy Ghazali berpendapat, PKS perlu memunculkan tokoh nasional berdaya magnet kuat.

"Yang penting saat ini untuk PKS sebenarnya adalah adanya tokoh-tokoh nasional yang mempunyai keterikatan emosional dengan masyarakat," ujar Effendy dalam Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Kehumasan seluruh DPW PKS se-Indonesia di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, Sabtu (28/1/2012).

Menurut Pakar Komunkasi Politik dari Universitas Indonesia ini, seringkali faktor ketokohan menjadi solusi dari kesulitan komunikasi antara partai politik dengan konstituen atau calon pemilihnya. Banyaknya tokoh publik dalam partai politik, lanjut dia, seharusnya menjadi aset dan modal berharga.

"Salah satu tokoh yang berdaya magnet kuat di PKS ini sebenarnya ada, seperti ustaz Hidayat Nur Wahid," cetus Effendy.

Mengamini Effendy, Pakar Ilmu Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan, survei yang dilakukan lembaganya menunjukkan sejak 2009 PKS mengalami penurunan tren popularitas. PKS seringkali mendapat imbas dari kekisruhan politik nasional sehingga menurut dia, masyarakat menilai PKS tidak beda dengan partai politik lainnya.

"Salah satu yang bisa ditempuh adalah dengan menokohkan tokoh tertentu. Kalau PKs ingin menggunakan logika electoral, maka ini yang bisa ditempuh. Karena seringkali dengan tokoh bisa menjelaskan kerumitan program yang dibuat partai ketika berbicara dengan masyarakat," kata Burhanuddin.

Senada dengan Effendy, Burhanuddin berpendapat salah seorang tokoh yang berpotensi memiliki daya magnet kuat adalah Hidayat Nur Wahid.

"Dalam fikiran saya ustaz Hidayat Nur Wahid bisa ditokohkan," pungkasnya.
http://www.pk-sejahtera.org/content/pks-perlu-tokoh-berdaya-magnet-kuat

0 komentar:

Posting Komentar

 

KABAR DPC

KIPRAH KEWANITAAN

KOLOM