Senin, 30 Januari 2012

Humas PKS Harus Peka Politik Nasional

JAKARTA - Perkembangan politik nasional selalu berubah dengan cepat. Perubahan dan pergerakan politik nasional ini tidak jarang berdampak signifikan terhadap kondisi internal partai politik, tidak terkecuali Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Karena itu, sudah semestinya PKS sigap dalam menghadapi dan merespons perkembangan politik tersebut.

"Disinilah sebenarnya pentingnya peran humas. Karena itu orang-orang humas harus punya pemahanam tentang apa yang mungkin terjadi. Karena inilah politik. Ini yang penting dicermati," ujar Wartawan Senior Kompas, Budhiarto Shambazy dalam Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Kehumasan seluruh DPW PKS se-Indonesia di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, Sabtu (28/1/2012).

Budhiarto juga mengatakan, humas juga penting untuk memahami sejumlah teori politik, kehumasan politik, ataupun public relations untuk dapat menajamkan kepekaan terhadap perkembangan sosial politik nasional. "Yang tidak kalah penting, teori-teori ini tidak akan bermanfaat banyak tanpa juga melakukan studi kasus, misalnya mempelajari kemenangan obama di Amerika Serikat," jelas Budhiarto.

Pakar Komunikasi Politik Effendy Ghazali menambahkan, PKS merupakan partai yang disegani pada pemilu 2004 lalu. Namun disayangkan, dalam perjalanannya menurut dia, partai berlambang padi diapit bulan sabit kembar ini mengalami degradasi dan dinilai masyarakat sama dengan partai politik lain.

"Perlu reformasi kehumasan dan positioning yang jelas. Dimulai dari membangun media management, image management, information management, dan bersikap pro-active," kata Effendy.

Sementara itu, Ketua DPP Bidang Kehumasan, Mardani Ali Sera mengatakan, humas menjadi pilar penting pemenangan PKS di pemilu yang akan datang.

"Karena itu, kita menginginkan kehadiran humas yang kuat dan mampu membesarkan pengurus partai dan partai," ujar Mardani.

Selain Budhiarto dan Effendy, pembicara lain yang juga hadir dalam rakornas ini adalah Pengamat Politik dari LSI Burhanuddin Muhtadi, Pakar Public Relations Nico Wattimena, dan Pakar Public Relations Silih Agung Wisesa. Rakornas Kehumasan PKS mengangkat tema 'Membangun Humas Yang Kuat Menuju Kemenangan 2014', diselenggarakan selama tiga hari,Jumat-Ahad (27-29/1).
http://www.pk-sejahtera.org/content/humas-pks-harus-peka-politik-nasional

0 komentar:

Posting Komentar

 

KABAR DPC

KIPRAH KEWANITAAN

KOLOM